Article Detail

Pembuatan Eco Enzyme Bersama SMP Tarakanita 5 dalam Rangka Hari Peduli Sampah Nasional

Red : Michelle 8.2

Dalam rangka hari Peduli Sampah Nasional 21 Februari 2024, Sekolah Tarakanita Nasional mengadakan Gerakan Bersama Peduli Sampah dengan aksi nyata pembuatan 22.000 liter Eco Enzyme pada Sekolah Tarakanita, KB/TK, SD, SMP, SMA, dan SMK. Seluruh sekolah Tarakanita se-Indonesia melakukan kegiatan membuat eco enzym ini secara masif.  Tentunya kegiatan ini juga dilakukan di SMP Tarakanita 5 Jakarta.

 Kegiatan pembuatan eco enzyme di SMP Tarakanita 5 diawali dengan doa bersama, renungan pagi, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu Kepala SMP Tarakanita 5, Bu Titin membuka kegiatan dengan memberikan sambutan. Usai sambutan kepala sekolah, peserta didik mendengarkan pengarahan cara pembuatan eco enzyme dari Bu Heni, guru Mata Pelajaran IPA dan Pak Adit, karyawan SMP Tarakanita 5.

          

Gerakan aksi nyata pun dimulai, diawali dengan melabeli toples yang sudah peserta didik bawa, lalu mereka antre untuk mengisi toples mereka dengan air dan juga molase yang sudah disediakan oleh sekolah. Setelah semua peserta didik mengisi toples mereka, tibalah waktunya bagi peserta didik memasukkan secara serempak sampah kulit buah-buahan yang sudah dibawa. Setelah cairan molase dan buah-buahan sudah tercampur dengan merata, mereka menutup toples  dan merekatkannya dengan plester selotip. Kegiatan aksi nyata ini selesai pkl. 09.40 dan diakhiri  dengan sesi foto bersama tiap kelas.  Peserta didik kemudian  menyimpan eco enzym mereka ditempat yang sudah disediakan oleh sekolah.  Eco enzyme ini dapat digunakan untuk menyiram tanaman, sebagai desinfektan, dan juga cairan pembersih lantai.  “Tujuan pembuatan Eco Enzyme ini tak lain adalah nantinya akan dimanfaatkan untuk kegiatan aksi nyata Yayasan Tarakanita selanjutnya yang berkaitan dengan kepedulian terhadap lingkungan hidup,” begitu ujar ibu Titin. Semoga dengan niat baik ini akan memberikan dampak positif bagi bumi ini. 



Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment