Sejarah Sekolah

Sejarah Sekolah

SMP TARAKANITA 5

Sejak berdirinya pada tahun 1979 hingga sekarang, SMP Tarakanita 5 telah banyak mengalami perubahan baik di bidang fisik maupun non fisik. Begitu juga kegiatan-kegiatan yang menyangkut kelancaran proses belajar mengajar. Dalam hal fisik dapat dilihat bahwa SMP Tarakanita 5 pada tahun-tahun pertama sampai tahun ke tiga belum dapat mewujudkan bangunan yang memadai. Baru setelah menginjak tahun-tahun berikutnya, didirikanlah bangunan berlantai tiga, yang cukup megah.

Gedung ini berdiri dari dua belas kelas, satu ruang komputer, satu laboratorium, satu ruang praktek mengetik, satu ruang ekskul band, satu ruang praktek menjahit, satu ruang BK, satu ruang Tata Usaha, satu ruang gudang, empat buah toilet, dua ruang UKS, satu ruang OSIS, satu ruang dapur, satu ruang Kepala Sekolah, satu ruang perpustakaan, satu ruang kantin, dan satu buah Aula yang cukup menampung lebih kurang 250 orang. Di samping itu pada sisi kanan bangunan ada satu buah lapangan yang digunakan untuk olahraga (basket, volley, dan lain-lain).

Hal ini menunjukkan bahwa secara fisik, dalam perkembangannya selama SMP Tarakanita 5 bisa dikatakan sudah "mandiri". Pada sisi lainnya, dapat dilihat pula bahwa berbagai kegiatan yang diadakan selama ini mensejajarkan SMP Tarakanita 5 dengan sekolah-sekolah menengah lainnya yang bahkan lebih tua umurnya. Namun demikian, hal ini tidak boleh membuat kita menjadi sombong dan puas diri. Semua ini pemicu bagi SMP Tarakanita 5 untuk dapat lebih maju lagi melewati hari-hari yang akan datang. Untuk kegiatan-kegiatan yang menyangkut masalah pembinaan mental dan spiritualitas, maka SMP Tarakanita 5 juga aktif dan rutin menyelenggarakan retret dan rekoleksi bagi para guru dan siswa-siswi.

Retret bagi para siswa-siswi kelas IX biasanya dilaksanakan pada awal tahun ajaran, kemudian disusul rekoleksi bagi siswa-siswi kelas VII dan VIII. Bagi para guru sejak tahun 1979 dilaksanakan retret setiap tahun satu kali.

lihat link di bawah ini:
https://youtu.be/W-LlOeHqOx8