Article Detail
KARYAWISATA SMP TARAKANITA 5
Dalam rangka meningkatkan pengetahuan siswa dalam bidang budaya, mengembangkan kesadaran akan kepedulian lingkungan dan sosial, serta mengembangkan rasa kerjasama yang bertanggung jawab, juga sebagai pengumpulan data laporan perorangan untuk penilaian kokulikuler bidang studi : Bahasa Indonesia, IPA dan seni budaya.Seluruh siswa kelas VIII mengadakan karyawisata dengan tujuan kota Yogyakarta dan sekitarnya. Adapun tema yang diambil adalah "Melalui Karyawisata Kita Tingkatkan Kejujuran, Kedisiplinan dan cinta lingkungan
Seluruh peserta karyawisata merupakan satu kesatuan, sehingga semua peserta diwajibkan mengikuti seluruh peraturan dan seluruh acara yang ditetapkan.
Adapun obyek wisata yang dituju adalah:
1. Sendratari Ramayana, diharapkan siswa dapat menjelaskan secara singkat arti dan makna pagelaran
sendratari tersebut.
2. Candi Prambanan, siswa dapat mengetahui letak geografis candi prambanan, kemudian siswa
mengetahui sejarah berdirinya candi prambanan dan juga siswa dapat menyebutkan nama tokoh Roro
Jonggrang.
3. Taman Sari, siswa dapat menjelaskan letak geografis taman sari keraton Yogyakarta, siswa dapat
menjelaskan fungsi dari taman sari, juga siswa diharapkan dapat menyebutkan benda koleksi
peninggalan Sri Sultan HB IX.
4. Pentingsari, siswa dapat mencari informasi tentang sejarah alat musik gamelan dan dapat
membedakan jenis-jenis gamelan.
5. Pabrik gula Madukismo, Siswa dapat mengetahui persiapan bahan baku sampai pemasaran gula dan
mengetahui produk sampingan yang dapat dihasilkan dari proses produksi tebu.
6. Meseum Merapi, siswa dapat menjelaskan berdirinya Museum Merapi dan benda-benda yang terdapat
pada meseum Merapi
Seluruh peserta karyawisata merupakan satu kesatuan, sehingga semua peserta diwajibkan mengikuti seluruh peraturan dan seluruh acara yang ditetapkan.
Adapun obyek wisata yang dituju adalah:
1. Sendratari Ramayana, diharapkan siswa dapat menjelaskan secara singkat arti dan makna pagelaran
sendratari tersebut.
2. Candi Prambanan, siswa dapat mengetahui letak geografis candi prambanan, kemudian siswa
mengetahui sejarah berdirinya candi prambanan dan juga siswa dapat menyebutkan nama tokoh Roro
Jonggrang.
3. Taman Sari, siswa dapat menjelaskan letak geografis taman sari keraton Yogyakarta, siswa dapat
menjelaskan fungsi dari taman sari, juga siswa diharapkan dapat menyebutkan benda koleksi
peninggalan Sri Sultan HB IX.
4. Pentingsari, siswa dapat mencari informasi tentang sejarah alat musik gamelan dan dapat
membedakan jenis-jenis gamelan.
5. Pabrik gula Madukismo, Siswa dapat mengetahui persiapan bahan baku sampai pemasaran gula dan
mengetahui produk sampingan yang dapat dihasilkan dari proses produksi tebu.
6. Meseum Merapi, siswa dapat menjelaskan berdirinya Museum Merapi dan benda-benda yang terdapat
pada meseum Merapi
Comments
-
there are no comments yet
Leave a comment